Lewati ke konten
Bagaimana tata letak kantor mempengaruhi produktivitas Karyawan - OSCARLIVING

Bagaimana tata letak kantor mempengaruhi produktivitas Karyawan

Kemungkinan besar Anda dan staf Anda menghabiskan banyak waktu di kantor, jadi wajar jika ruangan tersebut menjadi tempat yang positif untuk bekerja dan bersosialisasi. Namun pernahkah Anda memikirkan bagaimana tata letak kantor Anda dapat mempengaruhi produktivitas dan upaya kerja karyawan Anda? Kami telah mempelajari lebih dalam tentang bagaimana penataan kantor Anda dapat memengaruhi produktivitas, serta beberapa jenis tata letak kantor yang paling populer di Indonesia.

Lingkungan kantor dan apa yang perlu dipertimbangkan

Lingkungan kerja Anda dapat berdampak besar pada kualitas dan jumlah tugas yang diselesaikan. Berikut adalah beberapa poin spesifik yang harus Anda pertimbangkan sebagai pemilik bisnis untuk mendapatkan lingkungan kantor yang lebih produktif dan positif.

Ruang kerja yang bising vs. tenang
Kemungkinan besar semua karyawan Anda berbeda dan tidak ada dua orang yang akan berhasil dalam lingkungan kerja yang sama. Ini berarti Anda perlu menciptakan ruang kerja yang cocok untuk hampir semua orang. Ini mungkin terdengar seperti tugas besar yang sulit, namun mungkin tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda perlu memikirkan tingkat kebisingan di kantor Anda. Beberapa orang menyukai keheningan, yang lain menyukai obrolan umum dan kebisingan latar belakang, dan beberapa lainnya suka mendengarkan musik. Bagi mereka yang lebih menyukai suasana berisik atau mendengarkan musik, kantor terbuka adalah pilihan yang tepat. Ruang kerja kelompok dapat digunakan untuk pertemuan informal dan diskusi ide. Namun, ini mungkin tidak cocok untuk orang yang lebih suka bekerja dengan sedikit suara.

Apakah ada tempat di mana karyawan dapat bekerja di lingkungan yang lebih tenang? Mungkin terdapat ruang pertemuan dan laptop yang tersedia bagi mereka, atau mungkin terdapat area kantor terpisah yang dapat digunakan untuk pekerja yang tenang. Harus ada sejumlah tempat yang tersedia di kantor Anda yang memiliki lingkungan kerja berbeda yang sesuai dengan staf Anda. Dengan cara ini, preferensi setiap orang terpuaskan, membantu mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.


Ergonomi
Ergonomi berkaitan dengan kondisi kerja kantor, seperti pencahayaan, peralatan, dan pengaturan meja. Anda harus memastikan bahwa setiap karyawan puas dengan kondisi kerja mereka dan tidak ada masalah mendesak yang mungkin menghalangi karyawan Anda untuk bekerja sebaik mungkin. Anda harus memastikan bahwa semua pekerja merasa nyaman. Hal ini berarti memastikan suhu ruangan tepat, pencahayaan memadai, dan karyawan puas dengan pengaturan meja dan kursi mereka. Pencahayaan di kantor penting karena cahaya yang cukup dapat mencegah ketegangan mata, kelelahan, dan sakit kepala. Anda harus membiarkan sebanyak mungkin cahaya alami masuk ke dalam gedung dan menyalakan lampu buatan sepanjang waktu. Layar komputer karyawan harus setinggi mata dan tidak memantulkan cahaya apa pun dari jendela atau pencahayaan kantor. Sandaran keyboard dan mouse harus disediakan jika diperlukan untuk menopang lengan dan pergelangan tangan dengan benar. Kursi kantor harus dapat disetel sepenuhnya dan sandaran kaki harus disediakan jika kaki karyawan tidak dapat menyentuh lantai. Jika staf Anda merasa tidak nyaman, atau mengalami cedera akibat ruang kerja yang tidak tepat, mereka mungkin tidak dapat menyelesaikan banyak pekerjaan. Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk memastikan mereka merasa bahagia dan santai sehingga mereka bisa bekerja secara produktif bagi perusahaan anda. Ini adalah sebuat Simbiosis Mutualisme.

Dekorasi tampilan kantor dapat berdampak besar pada produktivitas. Apakah ini ruangan yang membosankan dengan dinding putih dan tirai di jendela sehingga karyawan Anda merasa tertutup? Atau ruangan penuh warna dan semarak yang memiliki banyak cahaya alami dan tanaman untuk memberikan oksigen tambahan? Anda dapat mendesain ulang ruang kantor Anda menjadi tempat bekerja yang menyenangkan dan santai. Tidak ada seorang pun yang menyukai kantor yang berantakan, jadi Anda harus menyediakan banyak tempat penyimpanan dan ruang laci bagi karyawan untuk menyimpan barang-barang pribadi, alat tulis, dan dokumen. Tanaman dapat meningkatkan produktivitas kantor hingga 15 persen sehingga menjadikannya aksesori yang wajib dimiliki saat dibutuhkan. untuk dekorasi kantor Anda. Terakhir, kata-kata inspiratif bisa menjadi ide yang bagus. Jika perusahaan Anda memiliki nilai merek atau slogan tertentu, Anda dapat menempelkannya di dinding kantor atau ruang kerja kelompok Anda.


Apa yang membuat lingkungan kerja menjadi positif?

Sekarang kami telah menentukan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat karyawan Anda lebih produktif, kami ingin menjelaskan apa yang membuat ruang kerja menjadi positif.


Komunikasi

Penting bagi Anda untuk berkomunikasi dengan karyawan Anda, tetapi juga mereka berkomunikasi satu sama lain. Baik itu seputar masalah pekerjaan, hal baik yang telah terjadi atau kehidupan pribadi mereka, komunikasi adalah kunci dari lingkungan kerja yang positif.


Mempromosikan keseimbangan kehidupan kerja

Karyawan harus bisa pulang tepat waktu dan tidak merasa bersalah karenanya. Pengusaha harus mendorong perilaku seperti ini dan tidak memuji staf yang datang terlambat. Jika Anda menemukan banyak anggota tim Anda yang terlambat, Anda mungkin perlu meninjau alur kerja mereka karena ini bisa menjadi tanda bahwa mereka memiliki terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Semangat tim

Tata letak yang buruk, seperti bilik tertutup, dapat berdampak pada semangat tim karena dapat menghalangi orang untuk berbicara atau terlibat satu sama lain. Anda harus mendorong tim dan departemen untuk berinteraksi satu sama lain dengan ruang kantor yang lebih terbuka, yang akan kita bahas di bagian selanjutnya.

Apa sajakah jenis tata letak kantor?
Ada banyak cara untuk menata kantor Anda, dan ada pro dan kontra untuk masing-masing cara. Itu tergantung pada jenis lingkungan kantor yang ingin Anda ciptakan. Anda bisa memilih kantor terbuka, seperti pada gambar. Hal ini memungkinkan anggota staf untuk mengobrol dengan mudah kapan pun mereka mau, namun mereka juga memiliki ruang pribadi di mana mereka dapat bersantai dan bekerja. Dalam tata letak kantor, setiap orang memiliki bilik masing-masing yang dipisahkan oleh bilah di antara meja. Ini mungkin ideal bagi mereka yang lebih suka bekerja di lingkungan yang tenang, namun tidak cocok untuk semua orang. Terakhir, Anda dapat menggunakan kombinasi keduanya sehingga karyawan Anda dapat memilih ruangan tergantung apakah mereka ingin bekerja dengan tenang atau menginginkan lingkungan yang lebih santai.

Semoga artikel ini bermanfaat apabila anda membutuhkan konsultasi terkait dengan tata letak dan desain Kantor. anda bisa menghubungi Oscar Living yang merupakan pusat perlengkapan kantor terbesar dan terlengkap di indonesia . Oscar Living juga memberikan dukungan pengiriman dan dapat melakukan instalasi di seluruh wilayah Indonesia. 

 

#OLIV #oscarliving #belanjafurniturejadimudah #pusatfurniturekantor #furniturejakarta #Jualkursikantor #Kursikantorchairman #kursikantorsubaru #kursikantorsavello

 

Photo : Cookie_studio, tirachardz,freepik

Artikel sebelumnya Apa itu Ergonomis di Tempat Kerja?
Artikel berikutnya Bekerja di kantor sambil menjalani kehamilan, apakah Perusahaan memberikan dukungan ?

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum muncul

* Bidang wajib diisi

Bandingkan produk

{"one"=>"Pilih 2 atau 3 item untuk dibandingkan", "other"=>"{{ count }} dari 3 item dipilih"}

Pilih item pertama untuk dibandingkan

Pilih item kedua untuk dibandingkan

Pilih item ketiga untuk dibandingkan

Membandingkan